• Indeks
  • Indeks

Mahasiswa KKN 67 Desa Jenetallasa Merangkaikan Seminar UMKM Dengan Kunjungan Pimpinan Kampus

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on print
IMG-20211104-WA0053
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

TOPIK TERKINI

Thepost.id- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 67, Kecamatan Rumbia Desa Jenetallasa Kabupaten Jeneponto merangkaikan kunjungan pimpinan kampus dengan seminar UMKM di SD Kacicci, Desa Jenetallasa, Kamis (04/11/21).

Seminar ini mengangkat tema, “Menyongsong Kesiapan masyarakat desa dalam kegiatan UMKM”, yang narasumber nya terdiri dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Hj Mernawati S.Ip M.Si dan Akademisi dari UINAM, Ibnu Hajar S.Sos., M.I.Kom, dan seminar ini juga dirangkaikan dengan Kunjungan pimpinan kampus di Desa Je’netallasa, seminar UMKM yang menjadi program kerja KKN 67 Desa Jenetallasa berkolaborasi dengan KKN UINAM Se-kecamatan Rumbia beserta dengan BUMDES se-kecamatan rumbia.

BACA JUGA

Koordinator KKN Desa Jenetallasa, Muh Imam Hidayat, menyampaikan bahwa seminar UMKM yang menjadi program kerja nya bertepatan dengan kunjungan pimpinan di Kecamatan Rumbia. Disisi lain, pelaksanaan seminar UMKM ini dilatarbelakangi karena kegiatan ekonomi di sektor UMKM adalah salah satu alternatif bagi masyarakat selain sektor perkebunan dan pertanian, khususnya di Desa Je’netallasa.

”Seminar UMKM ini kami adakan sebagai upaya kami untuk mengedukasi masyarakat Desa Je’netallasa untuk melihat potensi ekonomi di sektor UMKM, apalagi komoditas hasil perkebunan dan pertanian di Desa ini seperti kentang, bawang dan wortel bisa diolah menjadi makanan jadi untuk dijual.” ucapnya.

Dalam seminar tersebut, Hj. Mernawati selaku kadis koperasi dan UMKM dalam penyampaian nya, mengatakan bahwa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyongsong kesiapan masyarakat dalam kegiatan UMKM, yang perlu dibenahi adalah masalah mindset, pemahaman kepada masyarakat untuk tidak terjebak di zona nyaman.

“Pembenahan mindset itu perlu, sebab itu menjadi hal yang utama untuk memulai kegiatan ekonomi di sektor UMKM, juga disisi lain, perlunya niat, kiat serta giat ketika masyarakat sudah bergelut di sektor usaha UMKM”. Ungkapnya

Selanjutnya, kadis koperasi dan UMKM berharap kepada mahasiswa KKN Desa Je’netallasa untuk mengadakan program kerja jangka pendek, yaitu pendataan pelaku usaha yang ada di Desa jenetallasa, dan bersedia melakukan MOU dengan Desa Jenetallasa perihal pelatihan UMKM

“Jadi, semoga setelah seminar ini, ada rencana tindak lanjut daripada Mahasiswa KKN disini, yaitu melakukan pendataan untuk distor ke dinas koperasi dan UMKM agar nanti bisa ditindak lanjuti kebutuhan-kebutuhannya, dan kami juga bersedia melakukan MOU dengan pemerintah Desa Jenetallasa untuk pelatihan UMKM” Tutupnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

TERPOPULER

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

LAINNYA

ADVERTISEMENT

Selamat Datang kembali!

Masuk ke akun

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Tambahkan Daftar Putar Baru