• Inspirasi
  • Indeks
  • Inspirasi
  • Indeks

Tradisi Maulid di Balla Lompoa Gowa, Sulawesi Selatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Share on print
IMG-20211028-WA0080
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

TOPIK TERKINI

Thepost.id- Tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan secara adat masih di junjung tinggi oleh masyarakat Gowa , tahun ini kembali digelar Maudu Ada’ka Ri Gowa yang berlangsung di Museum Istana Tamalate Balla Lompoa Jl. KH. Wahid Hasyim Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (27/10/2021).

BACA JUGA

Acara ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun berlangsung di tengah pandemi Covid-19, tidak menghilangkan suasana dan kemeriahan maulid yang sarat akan makna bagi seluruh tamu yang hadir, salah-satunya adalah Dr. A. Salma Samputri Caponte MB, Andi Sony Manggabarani Patta Nyonri Karaeng Tinggi Mae, Andi Mappangara /Hara Prins MB ini menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu ajang silaturahmi bagi seluruh anggota keluarga ” Perayaan maulid ini meskipun diadakan di tengah pandemi, sehingga acara yang diadakan singkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, namun hal tersebut sudah mengobati rasa rindu untuk bersilaturahmi bagi keluarga besar kerajaan Gowa dengan keluarga Caponte dan keluarga besar Manggabarani” pinta Dr. A. Salma Samputri


Pelaksanaan acara ini diisi juga sambutan oleh Raja Gowa ke-XXXVIII, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang , setelahnya diadakan barazanji, kemudian dilanjutkan dengan ceramah yang dibawakan oleh Habib Mirza Farhan Al-Idrisi Al-Hasani. Selain itu acara ini turut dihadiri oleh Kapolres Gowa AKBP Tri Gofaruddin, bersama istrinya Uut Permatasari, dan ketua DPRD Gowa, Rafiuddin serta keluarga kerajaan lainnya.

Kemeriahan maulid tahun ini tidak kalah di tahun-tahun sebelumnya. Balla lompoa dihias dengan aneka “kanre maudu” yakni telur hias dan aneka lauk-pauk, juga terdapat pohon telur hias di sisi kiri kanan panggung yang ramai sehingga menghidupkan suasana maulid.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

TERPOPULER

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

LAINNYA

ADVERTISEMENT

Selamat Datang kembali!

Masuk ke akun

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Tambahkan Daftar Putar Baru